Apakah Anda Siap Menjadi Pengusaha Sukses?

Apakah Anda Siap Menjadi Pengusaha Sukses?

Apakah Anda siap menjadi pengusaha sukses? Apabila Anda termasuk orang yang ingin menjadi pengusaha sukses, maka sebaiknya siapkan segala sesuatu dengan matang, cermat, dan akurat. Jangan sampai keinginan untuk menjadi pengusaha tersebut malah justru tidak terwujud hanya karena Anda tidak memulainya dengan usaha perencanaan yang detail.

Berikut ini tips untuk memulai usaha yang dapat Anda lakukan.

1. Bentuk Mental untuk menjadi Pengusaha

Seorang pengusaha berbeda dengan karyawan. Seorang karyawan biasanya cenderung untuk menghabiskan gaji bulanan yang diterimanya, berbeda jika Anda menjadi pengusaha. Secara umum pengusaha akan menginvestasikan kembali sebagian penghasilan yang diperolehnya untuk menambah modal usaha sehingga akan meningkatkan potensi penghasilannya menjadi lebih besar lagi di kemudian hari. Maka, jika Anda ingin memulai usaha, bentuklah mental pengusaha, bukan mental karyawan.

2. Pengusaha memiliki Visi dan Misi yang JELAS

Sebagai pengusaha Anda harus memiliki visi dan misi yang jelas dalam membangun usaha. Visi dan misi akan menjadi panduan untuk melangkah. Seringkali, suatu usaha mengalami kegagalan saat mulai berkembang karena tidak memfokuskan diri kepada peningkatan kemajuan bisnis, melainkan terlalu banyak mencoba mengembangkan bidang usaha lain. Untuk menjadi pengusaha sukses maka Anda harus sabar, fokuskan pada satu usaha dulu, baru jika sudah sukses, silakan kembangkan bisnis lain.

3. Menjadi Pengusaha Sukses itu MUDAH

Sebagai calon pengusaha sukses, Anda harus berpikiran strategis namun sederhana. Bicara soal bisnis, sederhana saja. Sebagai contoh, Anda menjadi pengusaha minuman mineral. Anda hanya perlu membeli sebotol minuman mineral seharga Rp1.000,- dan menjualnya kembali dengan harga Rp1.500,- sehingga Anda memperoleh keuntungan Rp500,- dan jangan sampai menjual dengan harga yang lebih rendah karena akan rugi. Ya, cara tersebut adalah salah satu awal untuk menjadi pengusaha sukses. Tinggal dikalikan dan ditingkatkan kuantitas dan kualitas usaha Anda.  Intinya sederhana, target Anda adalah memperoleh keuntungan, niscaya usaha Anda akan semakin sukses.

4. Berani Mencari Modal Usaha

Modal seringkali menjadi hambatan untuk bisa menjadi pengusaha sukses. Kesulitan modal untuk memulai usaha dan untuk mengembangkan usaha bisa membuat kepala para pengusaha pusing. Modal berkaitan erat dengan seberapa besar usaha yang akan Anda jalankan. Dengan modal sekitar 2-10 jutaan yang dapat Anda ambil dari tabungan sendiri, Anda sudah bisa memulai menjadi pengusaha. Jadi, jangan takut kesulitan modal, dengan modal sedikit pun Anda dapat membuka usaha.

Jika Anda masih kesulitan, Anda bisa menggandeng saudara atau bahkan kawan. Selain lebih mudah dalam menjalankan usaha, Anda tidak disibukkan dengan berbagai tagihan layaknya berutang di bank. Akan tetapi, jika Anda bertekad ingin membuka usaha yang lebih besar, meminjam di bank bukan hal tabu. Anda tinggal mengatur usaha Anda lebih pesat lagi, tentu laba yang bakal dikeruk pun semakin besar.  Jadi, Anda masih bisa eksis dan membayar kredit di bank.

5. Tempat Strategis

Urusan tempat memang cukup rumit bagi usaha yang baru berdiri. Cobalah cari tempat strategis. Strategis bisa jadi tempat yang ramai, dekat dengan aktivitas warga, atau dekat sekolah, kantor dan kampus. Namun, adapula tempat yang berada di lokasi yang tidak ramai dan strategis, ternyata berjubel pengunjung. Lalu, apa kuncinya? Tentu saja, dengan pelayanan yang prima, produk yang berkualitas, atau diskon berkala, usaha Anda bisa jadi daya tarik pengunjung. Intinya, jika Anda sangat kesulitan menentukan tempat lokasi usaha, Anda bisa menjual keunggulan lain yang Anda miliki.

Langkah lain yang bisa Anda tempuh, yakni menciptakan strategi khusus untuk menarik konsumen. Seperti yang dilakukan oleh salah satu UKM di Purwokerto yang menjual makanan tradisional sebagai oleh-oleh. Meski berada di gang sempit, UKM tersebut bekerja sama dengan biro perjalanan/travel sehingga dalam setiap kemasan produk yang dijual tercetak denah untuk mencapai lokasi UKM tersebut. Walhasil, strategi ini cukup efektif untuk menjaring pelanggan.

6. Siap Buka Usaha

Sekarang, Anda sudah siap dengan modal dan lahan usaha. Langkah berikutnya adalah siap membuka usaha. Jika Anda pemula dan benar-benar masih ‘hijau’, janganlah berkecil hati. Anda harus tetap optimis. Anda bisa belajar dari pengusaha lain yang sudah terjun lebih dulu. Atau Anda dapat juga bergabung dengan komunitas-komunitas pengusaha. Dengan demikian, Anda dapat bimbingan, saran, masukan secara berkesinambungan dengan biaya ringan untuk menjadi pengusaha sukses. Selain itu, jika Anda sedang patah semangat, para mentor dan komunitas pengusaha tersebut bisa menjadi sumber inspirasi dan pembangkit semangat.

Share This Post