Lima Kiat Sukses Bisnis Waralaba

Lima Kiat Sukses Bisnis Waralaba

Hampir sebagian besar masyarakat saat ini menjalani bisnis waralaba. Bisnis waralaba merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang distribusi atau jasa, yang memberikan hak kepada pihak lain untuk melakukan usaha, dengan segala sesuatu yang telah disepakati oleh pihak yang satu dengan pihak yang lainnya.

Sesuatu yang telah disepakati tersebut dapat berupa nama atau merek dari sebuah barang, kemudian terdapat sistem dan prosedur dalam menjalankan sebuah bisnis. Seseorang yang menjalankan bisnis tersebut biasanya bisa sukses pada beberapa tahun kemudian.

Ada beberapa bisnis waralaba yang menjadi incaran masyarakat, yakni mulai dari usaha swalayan, mini market, kemudian yang statusnya grosir. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis waralaba dengan sukses, berikut 5 cara sukses bisnis waralaba yang dapat Anda terapkan, seperti diberitakan dari okezone.com.

Survei Lokasi

Lokasi merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh penting dalam usaha waralaba. Survey tempat adalah hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum menjalankan bisnis waralaba, karena jika Anda tidak mengetahui posisi lokasi yang strategis untuk Anda jadikan usaha waralaba, maka jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sudah menjadi resiko yang harus diambil.

Karena lokasi serta barang yang akan Anda jual adalah sebuah hal yang berkaitan. Misalnya saja, barang-barang tersebut sangat dibutuhkan pada lokasi A, tetapi Anda menjual di lokasi B. Maka barang yang Anda jual tidak akan laku, sehingga Anda bisa rugi dan bangkrut. Selain itu, memilih lokasi yang strategis juga berdampak pada banyaknya masyarakat yang berkunjung ke toko Anda.

Pelajari Kontrak Kerja

Mempelajari kontrak kerja yang dibuat adalah hal yang paling penting, sebab jika ada unsur penipuan atau ketidakadilan, terutama dalam urusan biaya royalty dan juga pembayaran, maka kontrak kerja bisa langsung dibatalkan atau tidak perlu menyetujui kontraknya.

Karena dari sinilah kesepakatan antara Anda dengan partner dalam bisnis waralaba ini di buat. Jika pada akhirnya ada salah satu dari Anda yang melanggar kesepakatan, bisa ditindak lanjuti ke pengadilan. Kesepakatan tersebut akan menentukan kapan dimulai bisnis tersebut, dan kapan bisnis bisa dihentikan atau dilanjutkan.

Manajemen

Buatlah sebuah manajemen yang nantinya bisa mengembangkan usaha waralaba yang sedang dirintis saat ini. Dengan membuat manajemen yang baik secara teliti maka usaha waralaba tersebut akan bisa berkembang dengan pesat. Buatlah manajemen yang baik dan teliti dalam mengambil keputusan.

Jika ingin usaha tetap lancar, maka jangan sampai uang yang digunakan sebagai modal digunakan untuk keperluan lain, dan pada akhirnya akan membuat usaha waralaba tersebut berhenti di tengah jalan karena tidak adanya uang modal yang diputar kembali. Selain itu, buatlah target untuk beberapa bulan ke depan, agar usaha waralaba tersebut harus mencapai sebuah hasil yang ditargetkan

Risiko Usaha

Resiko dalam usaha selalu ada, baik itu merupakan resiko yang kecil maupun besar. jika tidak memperhitungkan resiko dalam berusaha, maka tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan usaha waralaba akan terasa sulit.

Begitu pula jika membuka usaha dengan terlalu memikirkan resikonya, maka orang tersebut tidak akan berani untuk mengambil keputusan. Sebab terlalu takut dengan resiko yang akan dihadapi. Membuka sebuah usaha harus berani mengambil resiko, karena kita tidak akan tahu apakah usaha tersebut memberikan hasil yang besar atau akan rugi.

Bahan Baku

Pemilihan bahan baku juga salah satu hal yang perlu diperhatikan, karena jika salah dalam memilih bahan baku maka akibatnya juga fatal. Dalam memilih bahan baku sebaiknya pilih yang mudah didapat, dan kualitas yang baik, serta harga yang lebih murah, sehingga jika terjadi kerugian tidak akan terlalu besar. Tekan pengeluaran uang seminimal mungkin untuk memperoleh bahan baku murah, namun juga perhatikan kualitasnya. Sehingga untung yang dihasilkan bisa dirasakan.

Mulailah Dari Sekarang

Beberapa cara sukses bisnis waralaba diatas dapat membantu Anda yang baru saja akan memulai bisnis ini. Hal lain yang harus diperhatikan adalah lakukan bisnis ini minimal 3 tahun. Jika usaha tersebut berjalan lancar, maka lanjutkan usaha tersebut sampai benar-benar sukses. Tapi ingat, tidak ada kesuksesan yang bisa didapat secara instan, teruslah berusaha dan belajar serta mulailah dari sekarang.

Share This Post