Internet Marketing

Internet Marketing

Saat ini internet marketing sudah menjadi kata yang cukup popular di dunia, khususnya di Indonesia. Tapi apakah anda tahu apakah artinya?

Internet marketing bagi banyak orang sering dianggap sebagai kegiatan yang berhubungan dengan mencari uang di internet, padahal itu tidak sepenuhnya benar, tapi memang kegiatan bisnis untuk mencari uang di internet sangat berkaitan erat dengan kegiatan internet marketing. Saat ini saya akan coba bantu untuk menjelaskan mengenai internet marketing, dan kita bisa mulai dengan coba mencari tahu arti kata dari marketing atau pemasaran.

Wikipedia menjelaskan bahwa marketing atau pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang dan jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia, atau dalam hal ini kita bisa mengartikan manusia sebagai konsumen and stakeholder.

Penjelasan dari Wikipedia memang sangat mudah dipahami, dan beberapa poin yang perlu saya simpulkan dari penjelasan diatas adalah:

  • Marketing adalah sebuah proses, bukan suatu kegiatan yang memiliki awal dan akhir. Marketing adalah hal yang terus berlangsung dan mempengaruhi aspek bisnis lainya
  • Marketing bertujuan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan dan stakeholder
  • Marketing bukan hanya iklan dan menjual produk, marketing memliki arti yang lebih luas

Sekarang kita jadi tahu bahwa marketing memiliki makna yang spesifik sebagai sebuah proses untuk memuaskan kebutuhan konsumen dan stakeholder, tapi apakah ini akan membantu anda untuk bisa dengan mudah memahami arti dari internet marketing?

Kegiatan Internet Marketing

Kita pasti bisa mengatakan bahwa internet marketing adalah bentuk pemasaran barang dan jasa secara online melalui internet, dan walaupun hal itu benar, tapi belum cukup.

Secara praktek, internet marketing terbentuk dari berbagai kegiatan yang harus dilakukan baik oleh perusahaan, organisasi, maupun oleh individual seperti: promosi, branding, mengidentifikasi kebutuhan konsumen, memberikan informasi melalui berbagai media online kepada konsumen, dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menawarkan barang atau jasa.

Dibawah ini saya akan membahas secara singkat beberapa kegiatan yang dilakukan sebagai kegiatan internet marketing:

1.  Web Development

Website itu sendiri biasanya merupakan “batu penjuru” dari setiap kegiatan internet marketing. Web development adalah proses membangun sebuah situs web, dan hal ini terdiri dari desain, coding, pembuatan konten, pembuatan server, integrasi e-commerce, dan hal lainnya. Freelancer dan usaha kecil biasanya hanya memiliki satu orang utuk menangani smua tugas tersebut, sementara perusahaan besar dapat memiliki tim pengembangan website dengan jumlah ratusan orang.

2.  Search Engine Marketing

Search Engine Marketing yang biasa disebut SEM adalah kegiatan marketing sebuah bisnis atau organisasi dalam sebuah mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing. Search Engine Marketing dapat dilakukan dengan meningkatkan peringkat secara organik dari sebuah website atau dengan membayar untuk bisa dimasukan pada halaman pencari.

3.  Search Engine Optimization

Search Engine Optimization adalah salah satu pilar terbesar dari SEM. Search Engine Optimization atau SEO adalah bentuk kegiatan mengoptimalkan untuk mengoptimalkan faktor-faktor internal dan eksternal dari sebuah halaman website untuk memastikan bahwa halaman tersebut mematuhi pedoman dari mesin pencari, dan oleh karena itu sebuah halaman pada sebuah website bisa mencapai peringkat tertinggi mungkin di halaman mesin pencari

4.  Pay Per Click Advertising

Iklan Pay-Per-Click sering juga disebut PPC Advertising adalah suatu model iklan internet dimana pengiklan akan membayar pemilik website dengan nilai tertentu setiap kali visitor / pengunjung meng-klik iklan mereka. Ini adalah model yang paling banyak digunakan untuk iklan dalam sebuah mesin pencari, dan para pengiklan dapat mengajukan tawaran pada kata kunci tertentu yang dipicu oleh permintaan pengguna. Saat ini saya bisa katakan bahwa Google Adwords adalah jaringan PPC terbesar di internet.

5.  Email marketing

Email marketing adalah salah satu bentuk internet marketing yang tertua dan paling menguntungkan. Sesuai dengan namanya, email marketing adalah proses pemasaran barang dan jasa dengan menggunakan email sebagai media utamanya. Kegiatan email marketing terdiri dari kegiatan membangun daftar email dari prospek / klien, mengelola hubungan dengan pelanggan, dan menggunakan daftar email dengan ijin untuk melakukan kegiatan tertentu seperti pembelian produk atau mengunjungi website.

6.  Online Market Research

Internet memberikan nilai tambah baru dalam melakukan riset pasar berkat interaksi lebih yang didapat dengan customer dan kemungkinan untuk bisa melakukan berbagai alat dan teknik dalam melakukan riset pasar. Melalui internet kita mampu melakukan uji riset terhadap produk atau ide kita pada skala global dalam hitungan hari. Tidak mengherankan ketika banyak perusahaan dari seluruh dunia semakin beralih untuk melakukan riset pasar secara online, bahkan ketika mereka perlu menguji produk dan layanan oflline mereka.

7.  Online Advertising

Iklan online adalah bentuk kerjasama dengan web publishers atau web producers yang bersedia untuk menampilkan iklan di situs mereka dengan imbalan uang. Ada beberapa jenis iklan si sebuah web antara lain CPM (Cost-Per-Mile, yang berdasarkan pada harga tertentu untuk setiap 1000 tayangan), CPC (Cost-Per-Click), text links, banner, dan sebagainya.

8.  Affiliate Marketing

Dalam pemasaran afiliasi anda memiliki “merchant” atau pedagang atau pemilik barang dan jasa yang memberikan kesempatan kepada orang lain (disebut afiliasi) untuk menjual barang dan jasa miliknya dengan imbalan sebuah komisi. Bentuk komisi bisa tetap maupun variable, dan bisa berdasarkan klik, leads, atau penjualan. Ini adalah salah satu segmen internet marketing yang paling popular Karen bisa sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak yang terlibat.

9.  Social Media Marketing

Berbagai bentuk jaringan sosial seperti Facebook dan Path, microblogging seperti Twitter, situs bookmark seperti Digg and StumbleUpon, Wiki dan Blog benar-benar telah merubah bentuk dunia online. Marketers and pemilik bisnis telah melihat peluang yang besar disana dan telah menyesuaikan strategi mereka dengan baik. Social media marketing merupakan kegiatan untuk memanfaatkan berbagai website tersebut sebelumnya untuk menarik traffic dan prospek, meningkatkan penjualan dan meningkatkan kesadaran merek anda.

Share This Post