Gunakan Tujuan Untuk Sukses

Gunakan Tujuan Untuk Sukses

Sekali-sekali mungkin Anda pernah terjaga pada hari sabtu pagi tanpa rencana, tanpa agenda, entah dalam benak atau tertulis, yang menyebutkan apa yang akan Anda kerjakan pada hari itu. Pada hari seperti itu Anda hanya mencapai sedikit hal, itu pun kalau ada. Kita bimbang tanpa tujuan sepanjang hari, merasa senang ketika hari itu akhirnya berlalu. Akan tetapi ketika kita menghadapi diri dengan suatu rencana, kita menyelesaikan banyak hal.

Pengalaman yang lazim ini memberikan pelajaran penting: untuk mencapai sesuatu, Anda harus merencanakan untuk mencapai sesuatu. Sekali lagi tetapkan tujuan dan selesaikan segala sesuatunya.

Tujuan yang bersemangat bahkan dapat membuat orang tetap hidup ketika tidak ada orang lain yang dapat berhasil. Oma yang sangat saya cintai mengalami sakit ginjal ketika saya berusia 8 tahun. Dokter hanya memberikan sedikit harapan, dengan perkataan yang menyakitkan “ Mungkin hanya dapat bertahan beberapa bulan lagi”. Lebih buruk lagi, Opa yang mengetahui Oma sakit tiba – tiba, tanpa sebab apapun ikut jatuh sakit dan malah meninggal tidak berapa lama kemudian. Saya tahu Oma sangat terpukul dan sedih saat itu, tapi saya juga tahu dengan kesabaran dan tekadnya Ia selalu berjuang untuk sembuh, untuk bisa merawat anak – anak dan cucu – cucunya lebih lama lagi, untuk tidak  membuatnya kesedihan yang lebih dalam bagi kami sekeluarga.

Penyakit ginjalnya tidak pernah sembuh, saya bahkan masih ingat saat ketika saya setiap minggunya beberapa kali menemai Oma untuk cuci darah. Akan tetapi diagnosa hidup “beberapa bulan lagi” itu berlanjut hingga 5 tahun. Saat orang tua saya telah berhasil memberi rumah yang dekat dengan rumah Oma agar lebih bisa menjaganya, dan saat semua anaknya telah berhasil menjalani kehidupan barunya. Beberapa lama kemudian Ia meninggal.

Tujuan, keinginan yang membara cukup kuat untuk menunda kematian tertentu selama 5 tahun, Saya bahkan mengetahui bahwa tujuan bisa menunda kematian hingga 20 tahun. Gunakan tujuan untuk hidup lebih lama. Tidak ada obat di dunia ini – dan dokter Anda akan menguatkan ini – sama manjurnya dalam menghasilkan umur panjang dengan keinginan untuk melakukan sesuatu.

Orang bertekad mencapai kesuksesan maksimum selalu mempelajari prinsip bahwa kemajuan dibuat satu langkah demi satu langkah. Rumah dibangun bata demi bata. Kejuaraan dimenangkan partandingan demi pertandingan. Toko serba ada bertambah besar dengan bertambahnya pelanggan demi pelanggan. Setiap prestasi merupakan rangkaian prestasi kecil.

Metode langkah demi langkah adalah satu-satunya cara cerdik untuk mencapai tujuan apapun yang berat. Formula terbaik yang pernah saya dengar untuk berhenti merokok, formula yang sudah berhasil untuk teman-teman saya adalah metode jam demi jam. Bukannya berusaha mencapai tujuan akhir – kebebasan dari kebiasaan tersebut – hanya dengan memutuskan untuk tidak pernah merokok lagi, orang bersangkutan memutuskan untuk tidak merokok satu jam lagi. Ketika satu jam itu berakhir si perokok cukup memperbaharui keinginannya untuk tidak merokok satu jam lagi. Belakangan keinginannya berkurang, periodenya diperpanjang menjadi dua jam , lalu menjadi satu hari, sampai akhirnya tujuannya tercapai untuk berhenti merokok selamanya.

Orang yang menginginkan kebebasan dari kebiasaan tersebut secara sekaligus mengalami kegagalan karena nyeri psikologisnya lebih berat daripada yang dapat ia tanggung. Satu jam mudah dijalani, selamanya adalah sulit.

Mencapai tujuan apapun memerlukan metode langkah demi langkah. Bagi eksekutif junior, tiap tugas betapapun tidak penting tampaknya, harus dipandang sebagai peluang untuk mengambil satu langkah maju. Seorang wiraniaga memenuhi syarat untuk tanggung jawab manajemen melalui penjualan demi penjualan.

Bagi pemimpin agama tiap kotbah, bagi profesor tiap eksperimen, bagi pebisnis tiap rapat adalah peluang untuk mengambil satu langkah maju menuju tujuan yang lebih besar.

Kadang tampak bahwa seseorang mencapai sukses sekaligus, akan tetapi jika Anda meneliti riwayat masa lalu orang yang tampaknya tiba-tiba sampai di puncak, Anda akan menemukan banyak sekali kerja dasar yang kokoh yang ditempuh sebelumnya. Dan orang sukses yang kehilangan ketenaran secepat mereka mendapatkannya, jelas adalah oportunis yang belum membangun dasar yang kokoh.

Seperti halnya gedung yang indah diciptakan dari potongan batu, yang masing-masing tampak tidak berarti, dengan cara yang sama kehidupan yang sukses dibangun.

Jadi begini: mulailah berjalan menuju tujuan utama Anda  membangun bisnis online yang sukses dengan membuat tugas berikutnya yang akan Anda kerjakan, terlepas dari betapapun tidak penting tampaknya tugas itu, melangkahlah satu langkah ke arah yang benar.

Sudah jelas Anda tidak membuat satu lompatan besar untuk bisa sukses dalam bisnis online. Anda meraihnya satu langkah demi satu langkah. Sebuah mobil harus menempuh kilometer tiap kilometer untuk bisa sampai di tempat tujuan, begitu pula dengan rencana Anda yang bagus sekali harus dibagi per bulan untuk membawa Anda menuju keberhasilan.

Jadi inilah suatu pokok yang harus kita tanam secara tegas dalam pikiran kita: bersiaplah mengambil jalan memutar dalam langkah Anda. Jika Anda mengemudi di sepanjang jalan dan Anda tiba pada tanda “jalan tertutup”, Anda tentu tidak  akan duduk di dalam mobil Anda hingga perbaikan jalan selesai dan jalan dibuka kembali, Anda pun tidak akan kembali ke rumah. Jalan tertutup hanya berarti Anda tidak dapat pergi ke tempat yang Anda tuju melalui jalan tertentu ini. Oleh karena itu Anda cukup mencari jalan lain yang akan membawa Anda ke tempat tujuan Anda.

Jarang sekali ada orang yang mencapai kesuksesan tanpa perlu jalan memutar. Ketika kita mengambil jalan memutar, kita tidak perlu mengubah tujuan kita, kita cuma menempuh rute yang berbeda

Periksa diri Anda sendiri. Putuskan hal-hal spesifik apa yang harus Anda kerjakan untuk membuat Anda lebih efektif dalam menjalankan bisnis. Kali berikutnya Anda melihat orang yang tenang, berpenampilan rapi dan berpikiran jernih serta efektif, ingatkan diri Anda bahwa ia tidak dilahirkan demikian. Banyak usaha yang dilakukan secara sadar, ditanamkan hari demi hari membentuk orang itu sebagaimana dirinya yang sekarang.

Mengembangkan kebiasaan positif yang baru dan menghancurkan kebiasaan negatif yang lama adalah proses hari demi hari Anda dalam membangun bisnis online selanjutnya.

Share This Post